haimakmur.com

id Indonesian

Harga Porang Basah Per Kilo Di Jawa Timur

Harga porang basah per kilo di Jawa timur

Perusahaan pengolahan hasil pertanian yang berada di Jawa Timur, umumnya akan menampung berbagai hasil bumi di daerah tersebut. Anda bisa melihat dan mencari tahu mengenai Harga porang basah per kilo di Jawa timur melalui perusahaan yang ada di tempat Anda. Dengan begitu, informasi yang Anda dapatkan bisa lebih akurat dan terpercaya.

Kita memang harus selalu mencari informasi harga porang per kilo agar bisa memperkirakan harga saat panen. Jadi ketika masa panen, Anda bisa lebih untung karena telah memprediksikan sebelumnya. Oh iya, saat ini porang juga sudah diekspor ke luar negeri loh. Biasanya akan diolah menjadi tepung atau bahan makanan.

Berapa harga ekspor porang? Sebenarnya harga untuk ekspor tidak jauh beda dengan harga untuk pasar dalam negeri. Hanya saja kuantitas untuk ekspor lebih besar, jadi hasil yang didapat akan tampak lebih besar juga. Tercatat pada tahun 2020, untuk ekspor porang bisa mencapai Rp923,6 miliar atau US$64,11 juta (dengan kurs dolar pada waktu itu Rp 14.400).

Harga porang di Jawa Timur

Pada Agustus 2021, harga porang per kg mengalami penurunan yang cukup drastis. Harganya bisa mencapai Rp. 6000 per kilo. Tentunya hal ini membuat petani porang merasa sangat prihatin dengan harga yang terus merosot. Padahal pada tahun 2020, harganya bisa stabil di angka Rp. 13.000 hingga Rp. 15.000.

Untungnya, tanaman porang bisa ditunda untuk masa panennya. Jadi petani bisa menentukan kalau harganya sudah makin oke, bisa langsung dipanen. Tanaman ini juga lebih kebal dari penyakit dan kerusakan. Justru ketika ditunda panennya, umbi porang bisa menjadi lebih besar lagi.

Harga porang anjlok ini memang memukul telak petani yang ada di bawah. Karena mereka yang mengandalkan hidup dari porang, mau tidak mau harus memanen demi kebutuhan hidup tetap terjaga. Sehingga mereka tak bisa memiliki aset lagi untuk kedepannya.

Baca juga  Harga Porang Basah Dan Kering Per Kilo Di Surabaya Serta Penyusutannya

Biasanya, petani akan menjual hasil panen ke pengepul porang jawa Timur. Pengepul kemudian menyalurkan lagi ke rumah produksi atau tempat ekspor. Pengepul porang biasanya menentukan harga dari atasan. Jika harganya sedang naik, tentu pengepul akan menawarkan harga yang lebih kepada petani.

Harga porang basah per kilo

Setelah porang dipanen, biasanya akan ada dua pilihan, yakni menjual dalam kondisi basah dan menjual dalam kondisi kering. Harga porang per kg antara yang basah dan kering berbeda-beda.

Sekedar informasi, porang basah merupakan umbi porang yang masih utuh dan belum dipotong-potong. Dinamakan porang basah karena kondisinya yang masih utuh dan berair.

Sedangkan porang kering merupakan porang yang telah dipotong-potong dan dijemur. Sehingga memiliki tekstur yang lebih keras dan tidak berair. Porang kering biasanya lebih tahan lama ketimbang porang basah. Karena bisa lebih terhindar dari serangan jamur.

Berapa sih harga porang basah dan kering? Untuk harga porang basah per kilo 2021 sekitar Rp. 7000 – Rp. 13.000. Sedangkan harga porang kering per kilo bisa mencapai Rp. 50.000 – Rp. 65.000.

Perbedaan harga ini dikarenakan porang kering kadar airnya sudah menyusut. Sehingga untuk satu kilogram porang kering jumlahnya akan lebih banyak. Sedangkan porang basah, satu butirnya bisa memiliki berat satu kilogram lebih. Jadi tak heran jika perbedaan harga sangat jauh.

Perlu diingat, harga di tiap daerah tentu berbeda-beda. Tergantung dari ukuran, kualitas, hingga penentuan harga jual.

Hubungi kami harga porang per kg

Itulah informasi terkait harga porang basah per kilo di Jawa Timur. Anda bisa lebih tahu mengenai harga porang per kg hari ini. Jadi bisa menjadi acuan untuk Anda yang hendak memanen porang atau menunggu beberapa saat hingga harganya stabil.

Baca juga  Cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau

Apabila Anda memerlukan porang dengan kualitas terbaik, Anda dapat menghubungi kami. Karena kami menyediakan bibit dan umbi porang dengan berbagai ukuran. Harga yang kami tawarkan juga sangat terjangkau. Anda tidak akan mendapatkan harga yang spesial ini dari tempat lain.

Jangan ragu untuk segera menghubungi ya, karena kami akan tetap melayani Anda dengan sepenuh hati. Jangan malu untuk bertanya-tanya terkait porang. Kami akan berusaha menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan.

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?