haimakmur.com

id Indonesian

Harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya

Harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya. dibantu oleh Perusahaan pengolahan hasil pertanian Paparan kali ini akan sangat membantu Anda yang hendak mencoba budidaya porang.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, bisakah porang ditanam di polybag? Tentu saja bisa, banyak yang telah mencoba dan berhasil tumbuh dengan baik. Lantas berapa lama bibit porang tumbuh? Umumnya bibit porang akan tumbuh di musim penghujan. Kira-kira antara 5 hingga 6 bulan. Karena ketika musim kemarau, daunnya akan terlihat layu. Hal ini karena tanaman porang kekurangan cairan.

Untuk masa panen porang sendiri bisa dilakukan selama dua tahun sekali dari proses penanaman. Setelah itu, porang dapat dipanen setahun sekali. Anda tidak perlu menanam bibit lagi, karena nantinya bakal muncul sendiri bibit baru. Jadi lebih memudahkan Anda karena tidak perlu repot membuang-buang waktu.

Harga Bibit Porang Polybag

Tanaman yang satu ini dapat berkembang biak dengan cara vegetative dan generative. Artinya, Anda dapat menanam Porang melalui biji dan batangnya. Perlu diketahui, harga porang yang masih dalam bentuk umbi bisa mencapai Rp 6.500 hingga Rp 7.000 per kilogram.

Lantas berapa untuk harga bibit porang? Ada beberapa perbedaan harga yang perlu Anda ketahui. Untuk bibit porang yang berasal dari umbi, biasanya dijual mulai dari 25.000 hingga 100.000 perkilo. Satu kilo bibit porang umumnya berisi 20 hingga 50 bibit porang.

Sedangkan jika Anda membeli bibit porang bisa mencapai 200.000an per kilogram. Dalam satu kilo, terdapat kurang lebih 200 hingga 500 bibit.

Apabila Anda membeli bibit porang dalam bentuk polybag. Harga satu polybag bisa mencapai 3000 hingga 5000.

Baca juga  Harga Porang Basah Per Kilo Di Jawa Timur

Cara Menanam Porang Agar Cepat Besar

Bagaimana cara tanam porang di polybag? Apakah nanti bisa menjadi tumbuh besar? Nah untuk menanam bibit porang di polybag sebenarnya caranya sama dengan menanam tanaman lain. Anda hanya perlu menanam benih dan merawatnya hingga ukuran siap tanam di lahan.

Setelah siap tanam di lahan, bagaimana cara menanam porang yang bagus? Untuk menanam porang, ada beberapa tahapan yang harus Anda ikuti, diantaranya sebagai berikut.

  • Pastikan telah mempersiapkan lahan yang akan ditanami.
  • Buatlah lubang dengan jarak tanam porang  50 x 50 cm.
  • Kemudian masukkan bibit ke lubang yang telah dibuat. Pastikan satu lubang hanya diberi satu bibit porang.
  • Setelah itu  tutup lubang dengan tanah. Kurang lebih dengan tebal 3cm.

Dalam prosesnya, agar porang cepat besar, Anda perlu merawatnya. Anda bisa membersihkan rumput yang kadang tumbuh di sekitar tanaman porang, kemudian Anda juga bisa menimbun pangkal batang porang dengan tanah agar porang dapat tumbuh tegak. Selain itu, jangan lupa untuk memupuk tanaman porang, agar cepat besar.

Pupuk Yang Bagus Untuk Tanaman Porang

Seperti yang telah disinggung di atas, untuk mendapatkan hasil maksimal, perlu adanya pemupukan yang tepat. Karena jika asal, bukan tak mungkin tanaman porang bisa mati. Untuk itu, ada dua jenis pupuk yang dapat Anda manfaatkan. Pertama adalah pupuk alami dan kedua adalah pupuk kimia.

Pupuk porang alami bisa Anda dapatkan dari kotoran hewan, sampah organik yang telah diolah, hingga dedaunan dan rumput di sekitar. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, sehingga bisa lebih hemat biaya.

Budidaya porang di polybag apabila Anda ingin hasil lebih maksimal dan lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan pupuk kimia untuk tanaman porang. Saat ini sudah sangat banyak perusahaan yang membuat pupuk kimia untuk tanaman porang. Misalnya saja Anda dapat memanfaatkan pupuk NPK Mutiara.

Baca juga  Cara Mendapatkan Serta Menanam Bibit Porang Katak Dan Spora

Namun ada satu pupuk lagi nih yang bisa Mempercepat pertumbuhan porang serta mengusir hama di sekitar tanaman porang. Pupuk tersebut bernama GDM, yang merupakan pupuk cair organik untuk tanaman pertanian dan perkebunan. Anda bisa memakai pupuk ini, karena banyak petani porang yang memakai dan menerapkan pupuk tersebut ke lahan mereka.

Hasilnya? Mereka merasa puas dengan apa yang didapat. Hama minggat, tanaman lebih tumbuh subur.

Penutup
Demikianlah Harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya. Kita jadi lebih tahu mengenai cara tanam porang di polybag, jarak tanam porang, hingga pupuk yang bagus untuk porang. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?