haimakmur.com

id Indonesian

Cara Menanam Porang Dari Katak Modal Tanam 1 Hektar Beserta Pupuk Yang Bagusnya

Cara menanam porang dari katak modal tanam 1 hektar beserta pupuk yang bagusnya

Tahukah Anda, cara menanam porang dari katak modal tanam 1 hektar beserta pupuk yang bagusnya? Anda dapat mempelajari mengenai budidaya porang melalui Perusahaan pengolahan hasil pertanian. Karena disana, Anda bisa praktek langsung dan mempelajari proses penanaman hingga proses panen.

Berapa lama bibit porang tumbuh? Umumnya bibit porang akan tumbuh dan menghasilkan katak di usia ke enam bulan setelah masa tanam. Katak ini bisa Anda panen enam bulan sekali atau setahun dua kali. Kemudian Anda dapat menjualnya atau bahkan menanamnya lagi. Sekedar informasi, katak ini bukanlah hewan, melainkan buah dari tanaman porang.

Untuk menanam dari katak, Anda harus memperhatikan jarak tanam porang dari katak. Pasalnya antara umbi, katak, dan batangnya kadang memiliki jarak idealnya masing-masing. Tapi tenang, kami akan ulas sedetail mungkin untuk Anda semua. Sebelum itu, Anda juga harus tahu pupuk yang cocok untuk tanaman porang.

Pupuk yang Bagus Untuk Tanaman Porang

Sebagai petani, tentu menginginkan tanaman porangnya tumbuh besar dan bagus. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai pupuk yang dapat digunakan. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang kami lakukan, ada dua jenis pupuk yang bisa Anda gunakan.

  • Pupuk Organik
    Pupuk cair organik GDM mungkin dapat menjadi pilihan Anda. Pupuk ini diproduksi dengan bahan-bahan alami yang telah diuji terlebih dahulu. Sehingga menghasilkan pupuk organik yang pas dan sesuai untuk tanaman porang.

Ketika Anda memberikan pupuk organik GDM pada tanaman, Anda juga harus memperhatikan jarak tanam porang. Hal ini juga menghindari terjadinya pemupukan berlebih. Karena jika tidak sesuai dengan takaran, bisa menyebabkan tanaman porang menjadi layu.

  • Pupuk Kompos atau Kandang
    Jika Anda ingin menjajal pupuk porang alami, Anda bisa memanfaatkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah difermentasikan. Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar. Misalnya saja dedaunan kering, sisa sayur yang tak terpakai, buah yang tak terpakai, hingga kotoran kambing, ayam, dan kelinci.
Baca juga  Cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau

Penggunaan pupuk kompos atau kandang dirasa lebih aman dan hemat. Karena semuanya memakai bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia. Jadi hasilnya bisa lebih bagus untuk tanaman. Pupuk ini juga tidak akan merusak lapisan tanah.

Cara menanam porang dari katak

Cara menanam porang dari katak ada beberapa tahapan selain jarak tanam porang yang harus Anda ikuti. Apa saja sih?

1. Perhatikan Waktu Atau Musim
Kapan waktu terbaik menanam porang? Waktu terbaik yang bisa Anda pilih adalah awal musim hujan. Karena tanaman ini akan tumbuh dengan baik ketika berada di musim hujan. Sedangkan di musim kemarau, tanaman porang akan terlihat seakan layu.

2. Kebutuhan Bibit Porang Katak
Berapa kilo bibit porang per hektar? Anda harus menyesuaikan dengan luas lahan yang akan ditanami. Anda dapat memulai dengan 5 hingga 10 kilo. Karena biasanya, perkilo bibit katak bisa berisi 200-300 bibit.

3. Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah perlu dilakukan agar tanaman porang bisa tumbuh dengan baik. Anda dapat memulai dari pembersihan lahan dari rumput liar, kemudian menggemburkan tanah, dan pemberian pupuk. Gunanya agar ph tanah bisa lebih sesuai, sehingga tanaman porang dapat tumbuh dengan baik.

4. Penanaman Benih
Penanaman benih porang sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu melubangi tanah sedalam 20 cm, setelah itu beri pupuk kompos. Pastikan atur jarak tanam porang 30×30 cm agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

5. Perawatan Tanaman Porang
Perawatan yang harus rutin dilakukan adalah pembersihan gulma atau rumput liar. Kemudian buang juga ulat yang mungkin mengganggu tanaman. Anda juga dapat memanfaatkan pupuk organik cair GDM untuk menjaga tanaman porang tetap sehat.

Baca juga  Cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar ?

Hubungi kami Modal tanam porang 1 hektar

Jika Anda berencana budidaya porang dengan modal tanam porang 1 hektar, pastikan cari bibit terbaik dengan kualitas juara. Anda bisa menghubungi kami untuk menemukan bibit porang terbaik sesuai dengan keinginan Anda. Kami menyediakan berbagai jenis bibit porang, termasuk bibit katak.

Anda juga bisa berkonsultasi terkait cara menanam porang dari katak modal tanam 1 hektar beserta pupuk yang bagusnya. Kami akan melayani dengan sepenuh hati, dan yang pasti, konsultasi ini dibuka secara gratis.

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?