haimakmur.com

id Indonesian

Cara Mendapatkan Serta Menanam Bibit Porang Katak Dan Spora

Cara mendapatkan serta menanam bibit porang katak dan spora

Bagaimana cara mendapatkan serta menanam bibit porang katak dan spora? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan petani yang baru terjun ke bisnis pertanian porang. Anda bisa mendapatkan informasi melalui perusahaan pengolahan hasil pertanian terdekat dari tempat tinggal. Jika tidak ada, Anda dapat mengunjungi website dan menjelajahi informasi di sana.

Untuk mendapatkan bibit porang, Anda harus membeli ataupun menanam terlebih dahulu. Kemudian dari tanaman tersebut akan muncul bibit katak, umbi, hingga bijinya. Namun Anda juga bisa loh mendapatkan bibit secara gratis. Namun cara mendapatkan bibit porang gratis hanya bisa dilakukan di tengah hutan.

Karena tanaman porang gratis biasanya hanya ada di hutan. Sementara yang ada di perkebunan atau lahan terbuka, umumnya merupakan hasil tanam atau budidaya. Daripada ribet pergi ke hutan, lebih baik Anda melakukan budidaya agar bisa mendapatkan bibit porang. Tetapi sebelum itu, pahami terlebih dahulu jenis bibit porang. Karena ada beberapa jenis bibit yang bisa Anda gunakan. Diantaranya bibit porang katak, bibit umbi, dan bibit biji atau spora.

Bibit porang Katak

Bibit porang katak memiliki bentuk seperti umbi, tetapi lebih kecil. Selain itu, di permukaannya terdapat bintik-bintik putih yang nantinya dapat menumbuhkan tunas. Anda dapat budidaya porang di lahan terbuka menggunakan bibit katak ini. Karena masa simpan dan ketahanannya jauh lebih baik ketimbang bibit umbi.

Cara menanam porang dari katak juga terbilang mudah. Anda hanya perlu menanam di lahan dengan jarak 30 x 30 cm dengan kedalaman lubang 5cm. Ketika telah menanam bibit katak, Anda bisa menutupnya dengan tanah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan polybag sebagai media tanam. Kemudian pindah ke lahan yang telah dipersiapkan.

Baca juga  Cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar ?

Lantas bagaimana cara menanam porang agar cepat besar? Agar porang bisa cepat besar, tentunya harus dirawat dan diberi pupuk yang baik. Gunakan pupuk yang terbaik agar tanaman porang menjadi sehat dan subur. Cara menanam bibit porang yang baik tentu harus memperhatikan area sekitar tanaman. Pastikan untuk selalu membersihkan gulma atau rerumputan yang ada di sekitar tanaman porang.

Cara menanam porang dari spora

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda dapat menanam porang dari spora. Spora adalah biji yang dihasilkan dari bunga tanaman porang. Biji ini biasanya bisa dipanen pertama kali dengan waktu empat tahun.

Untuk cara menanam spora porang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Menyemai
Pertama, Anda bisa menyemai biji bunga porang. Caranya dengan mencampurkan biji dengan cocopeat dan tanah. Aduk hingga tercampur rata. Jangan lupa diberi air secukupnya saja. Kemudian tunggu hingga bertunas. Biasanya biji ini akan memunculkan tunas kecil dalam waktu satu setengah bulan .

2. Pindah ke polybag
Cara menanam bibit porang berikutnya adalah memindahkan bibit yang telah bertunas ke dalam polybag. Untuk medianya sendiri ada tiga jenis, yakni tanah, sekam bakar dicampur cocopeat, dan pupuk kambing yang telah difermentasi selama dua minggu. Anda bisa menanam satu bibit ke satu polybag kecil.

3. Perawatan
Setelah bibit masuk ke polybag, Anda harus menunggu selama 1-2 bulan hingga porang tumbuh. Pastikan untuk menyiram dan membersihkan rumput yang mungkin tumbuh di sekitar tanaman porang ya.

4. Tanam ke tanah
Apabila tanaman porang telah tumbuh dan siap pindah ke lahan, maka Anda perlu memindahkannya ke lahan yang telah disediakan. Atur jarak antar tanaman paling tidak 30 x 30 cm agar tanaman bisa lebih leluasa dan tumbuh dengan baik.

Baca juga  Harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya

Setelahnya Anda hanya perlu melakukan perawatan terhadap tanaman porang. Anda perlu membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman dan memberikan pupuk secara teratur.

Cara pemupukan porang yang benar yakni dilakukan secara bertahap. Artinya, kita tidak memupuk setiap hari, melainkan ketika tanaman memang benar-benar perlu diberi pupuk. Oleh karena itu, Anda wajib mengecek kondisi tanaman porang.

Hubungi kami Cara mendapatkan bibit porang

Cara mendapatkan serta menanam bibit porang katak dan spora yang telah kami paparkan di atas, bisa Anda ikuti dan terapkan di rumah. Dengan mengikuti cara penanaman seperti di atas, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Anda dapat menghubungi kami jika memerlukan bibit porang super berkualitas. Kami menyediakan berbagai bibit porang yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Jangan sungkan untuk bertanya-tanya, kami akan selalu menanti kehadiran Anda.

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?