haimakmur.com

id Indonesian

Cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau

Cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau

Saat ini budidaya porang menjadi trend pertanian karena permintaan ekspor yang tinggi. Banyak petani yang mencari tahu cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau. Padahal itu semua bisa mereka dapatkan dari perusahaan pengolahan hasil pertanian. Biasanya tempat ini menyediakan berbagai peralatan dan kebutuhan pertanian, termasuk pertanian porang.

Jenis bibit porang yang bisa Anda dapatkan juga cukup beragam. Misalnya saja bibit umbi, biji, hingga katak porang. Selain mendapatkan bibit porang, Anda juga dapat belajar mengenai penanamannya. Hal ini sangat penting sebagai bekal Anda sebelum memulai penanaman.

Perlu diketahui, dahulu tanaman porang merupakan tanaman liar yang bisa didapatkan secara gratis. Namun sekarang tanaman ini sudah dibudidayakan. Untuk sekarang, cara mendapatkan bibit porang gratis yang perlu dilakukan yakni pergi mencarinya di hutan. Karena di perkebunan, rata-rata merupakan hasil budidaya.

Cara mendapatkan bibit porang

Sebelum Anda mencari bibit porang, Anda wajib menentukan bibit mana yang hendak digunakan. Tentukan terlebih dahulu apakah bibit katak, umbi, atau biji. Karena ketiganya memiliki ketahanan dan pertumbuhan yang berbeda-beda. Untuk budidaya porang pemula biasanya memakai bibit katak. Karena ketahanannya yang lebih awet ketimbang bibit lain.

Anda bisa mendapatkan bibit porang terbaik melalui pertanian atau toko-toko yang menyediakan kebutuhan tani. Pastikan untuk memilih bibit yang paling bagus agar pertumbuhannya cepat dan hasil umbinya besar. Untuk bibit yang super biasanya memiliki ukuran lebih besar dan tidak memiliki cacat atau rusak fisik

Sebagai informasi budidaya porang di lahan terbuka saat ini sudah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman ini memang bisa tumbuh diberbagai jenis tanah. Sehingga memungkinkan porang ditanam di pesawahan.

Baca juga  Cara Menanam Porang Dari Katak Modal Tanam 1 Hektar Beserta Pupuk Yang Bagusnya

Cara tanam porang musim kemarau

Bisakah porang ditanam di musim kemarau? Tentunya bisa, namun harus memperhatikan waktu dan memperkirakan musim. Anda hanya bisa menanam tanaman porang di musim kemarau akhir atau menjelang musim hujan. Jadi ketika musim penghujan datang, umbi porang bisa tumbuh dengan baik.

Bagaimana cara menanam porang yang bagus? Tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal. Apa saja sih? Berikut informasinya.

Musim
Anda harus memperhatikan musim, jangan sampai Anda menanam porang di tengah musim kemarau atau di awal musim kemarau. Karena umbi tidak akan tumbuh dengan baik.

Sebaiknya anda mulai menanam di awal musim penghujan atau di akhir musim kemarau. Agar nantinya, tanaman porang bisa tumbuh dengan baik.

Lokasi
Jika Anda hendak budidaya porang pemula, sebaiknya, Anda perhatikan terlebih dahulu lokasi daerah anda memiliki ketinggian berapa. Karena jika berada di dataran rendah, porang tidak akan tumbuh dengan baik.

Pastikan lokasi Anda menanam porang di ketinggian 100-800 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, udara biasanya lebih sejuk. Jadi bisa mempercepat pertumbuhan porang.

Jarak tanam porang
Berapa jarak tanaman porang? Untuk jarak, biasanya masing-masing petani memiliki resep sendiri. Kadang ada yang memakai jarak 25 x 50 cm, 25 x 60 cm, 30 x 30 cm, hingga 50 x 50cm.

Jarak ini juga tergantung dari bibit yang digunakan. Jika bibit umbi, tentunya memiliki jarak tanam yang lebih lebar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

Perawatan
Perawatan tanaman porang memang wajib dilakukan setiap saat. Salah satu perawatan rutin adalah membersihkan gulma atau rumput liar dan pemupukan.

Cara pemupukan porang yang benar bagaimana? Anda bisa memupuk bagian pinggiran dari tanaman porang. Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan beberapa minggu atau bulan sekali.

Baca juga  Harga dan cara menanam bibit porang polybag agar cepat besar beserta pupuk yang bagusnya

Hubungi kami Budidaya porang Pemula

Demikian cara mendapatkan bibit porang serta cara menanamnya pada musim kemarau yang bisa Anda terapkan sendiri. Anda jadi lebih tahu mengenai tanaman porang liar hingga musim yang ideal untuk menanam porang.

Jika Anda membutuhkan bibit porang terbaik dan berbagai peralatan untuk budidaya porang, Anda bisa menghubungi kami. Pasalnya, kami menyediakan bibit porang berbagai jenis dengan kualitas terbaik tetapi dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bisa memilih sendiri bibit yang ada dan berkonsultasi langsung mengenai penanaman porang. Sehingga, bukan hanya bibit yang Anda dapatkan. Melainkan juga ilmu yang bisa dibawa pulang. Jangan sungkan untuk menghubungi kami ya!

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?