haimakmur.com

id Indonesian

Cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar ?

Cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar ?. Informasi ini sangat berguna bagi Anda yang hendak budidaya porang. Nantinya Anda akan berkolaborasi dengan Perusahaan pengolahan hasil pertanian untuk mendapatkan bibit dan peralatan pertanian.

Tanaman porang memang makin ramai berkat kebutuhan ekspor yang meningkat. Banyak petani yang mulai beralih ke porang sebagai penghidupan dan perekonomian keluarga. Berapa umur panen porang? Umumnya ketika baru menanam, porang dapat dipanen satu musim sekali atau dua musim sekali. Tergantung dari bibit yang Anda gunakan.

Jika jenis bibit porang yang digunakan merupakan jenis super, maka tanaman akan bisa tumbuh dengan cepat dan menghasilkan umbi yang besar. Dengan begitu, keuntungan bisa cepat Anda rasakan saat melakukan panen.

Modal tanam porang 1 hektar

Sebelum menghitung modal untuk menanam, Anda harus menghitung perkiraan bibit porang yang akan digunakan. Pasalnya, bibit untuk budidaya porang pemula memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Bibit porang dalam 1 hektar berapa? Untuk bibit katak kurang lebih memerlukan 40.000 untuk satu hektar. Sedangkan bibit umbi paling tidak 7000 sudah cukup untuk satu hektarnya. Sedangkan bibit biji bisa memerlukan 60 ribu – 80 ribu bibit untuk lahan satu hektar. Jumlah bibit ini bisa berbeda di tiap lahan. Karena jarak tanam juga mempengaruhi kapasitas dan bibit yang diperlukan.

Lantas, berapa modal tanam porang 1 hektar? Modal untuk menanam porang juga tergantung dari bibit yang digunakan. Jika memakai bibit kualitas super, tentunya uang yang harus disiapkan juga lebih besar lagi.

Salah satu cara budidaya porang agar cepat panen yakni dengan memakai bibit berkualitas. Dengan bibit yang berkualitas tinggi, tanaman bisa cepat tumbuh dan menghasilkan. Pasalnya, jika menggunakan bibit biasa, Anda bisa memanen pertama kali di tahun ketiga dan keempat. Sedangkan jika memakai bibit super, Anda bisa memanen porang di tahun ke satu atau dua.

Baca juga  Cara Mendapatkan Serta Menanam Bibit Porang Katak Dan Spora

Cara mendapatkan bibit porang

Sebagian pemula, biasanya kebingungan mencari bibit porang. Padahal saat ini, banyak toko online yang menyediakan bibit porang dengan kualitas dan harga bervariasi. Bagi Anda yang hendak budidaya porang pemula, Anda bisa belajar terlebih dahulu melalui perusahaan pertanian di daerah masing-masing. Salah satunya, anda bisa masuk ke toko online mulianet – Jual bibit porang jawa timur, Jangan khawatir untuk bertransaksi, karena mulianet juga tersedia di Marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak

Misalkan Anda ingin menanam porang dari katak, Anda hanya perlu membeli bibitnya di toko pertanian terdekat atau melalui marketplace. Kemudian pelajari cara menanam porang dari katak dan perawatannya. Untuk cara tanam, Anda bisa langsung menanam di lahan atau ke polybag terlebih dahulu.

Cara tanam porang di polybag juga cukup mudah. Pertama, Anda hanya perlu menyemai bibit katak porang, didalam polybag menunggu hingga beberapa hari Dan tunggu tunas mulai tumbuh. Tunggu saja hingga beberapa minggu kedepan, hingga batang dan daun mulai tumbuh. Setelah itu, bisa langsung dipindahkan ke lahan.

Jarak tanam porang di tiap petani berbeda-beda. Kadang ada yang menanam dengan jarak 25 x 25 cm, 30 x 30 cm, 30 x 50 cm, hingga 50 x 50 cm. Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kondisi lahan dan bibit yang Anda gunakan.

Budidaya porang Pemula

Bagi pemula yang baru terjun ke dunia pertanian porang, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai pembibitan porang, penanaman, hingga perawatan. Gunakanlah bibit porang terbaik agar pertumbuhan bisa lebih cepat. Dengan begitu, Anda bisa memanen dengan cepat.

Jika Anda ingin belajar mengenai budidaya porang dan menginginkan jenis bibit porang super, Anda bisa menghubungi kami. Kami menyediakan berbagai kebutuhan pertanian khususnya untuk tanaman porang. Anda bisa memilih sendiri bibit yang ingin digunakan dan bisa berkonsultasi terkait penanaman di daerah Anda.

Baca juga  Jenis Serta Bentuk Pohon Porang Dan Buahnya

Semoga pemaparan Cara mendapatkan bibit porang serta berapa modal yang diperlukan dalam 1 hektar bisa dapat bermanfaat ya. Anda bisa mengikuti beberapa tips dari kami terkait kebutuhan bibit porang untuk 1 hektar dan cara menanamnya di polybag. Semoga bisa membantu dan melancarkan usaha pertanianmu.

haimakmur.com
Open chat
Halo, kami PT Hai Makmur Indonesia, Perusahaan pengolahan hasil pertanian dengan produk unggulan Porang terbaik, ada yang bisa di bantu ?